10
Manfaat Konsumsi Timun Dan Seledri Untuk Hipertensi 

Manfaat konsumsi Timun Dan Seledri Untuk Hipertensi

Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas manfaat mengkomsumsi buah timun dan seledri dalam bentuk minuman / jus bagi penderita hipertensi.

Gambar from google 


Artikel ini saya buat terdorong oleh kondisi yang dialami ibu saya. Satu waktu beliau harus melakukan tindakan medis, namun sayangnya setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis, dinyatakan beliau mengalami tekanan darah yang cukup tinggi sehingga tindakan medis harus dihentikan sementara hingga kondisi tekanan darah beliau kembali normal atau di anggap stabil.


Sedihkan ya saat kita mengetahui bahwa pengobatan orang tersayang kita harus di hentikan sementara hanya karena hal yang terlihat sepele tersebut. Meski demikian, jangan sekali-kali menganggap remeh si hipertensi ini ya sobat.


Baca juga tulisan lainnya di:
http://myhasnia.blogspot.com

Faktanya hipertensi adalah salah satu penyakit yang cukup mematikan. Bukan itu saja, penyakit hipertensi ini mampu merusak jaringan organ tubuh lain dari si pasien, diantaranya ginjal dan jantung.
Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh organisasi kesehatan dunia yaitu WHO, hipertensi menjadi penyebab seseorang meninggal dan terkena serangan jantung sebanyak 45%
sedangkan angka kematian karena stroke yang diakibatkan oleh hipertensi mencapai 51%

Ironinya  banyak dari penderita hipertensi yang tidak menyadari dirinya sedang menderita hipertensi sehingga hipertensi ini menjadi lebih mematikan. Beberapa pakar kesehatan pun menyebut hipertensi ini sebagai silent killing. 

Fakta lainnya mengungkapkan bahwa wanita lebih rentan terkena penyakit hipertensi. Nah lho... Jadi para wanita harus lebih waspada ya sobat. 

Selain fakta yang terpapar diatas,  hal yang perlu kita waspadai adalah bahwa, hipertensi tidak hanya menyerang kaum tua saja, tapi kaum yang lebih muda (sekitar 30 - 45 tahun) pun dapat terkena hipertensi. Salah satunya tentu dipengaruhi oleh gaya hidup. 


Setelah di diagnosa memiliki penyakit hipertensi, dokter menyarankan ibu saya untuk banyak beristirahat dan tentunya juga mengkomsumsi obat yang dapat menurunkan tekanan darah beliau. 

Selama sepekan beliau mengkomsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter, namun tekanan darah beliau masih mengalami fluktuatif sehingga dinyatakan kondisi beliau belum stabil.

             Gambar from google

Tidak ingin bergantung hanya dengan obat-obatan medis, hingga akhirnya di tahap ini kami mencoba beralih pada pengobatan tradisional, yaitu dengan mengkonsumsi berbagai ramuan yang disarankan beberapa pihak untuk menurunkan tekanan darah tinggi tersebut.

Setelah mencoba selama dua pekan, nyatanya kondisi ibu belum juga mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan, bahkan sempat mengalami kenaikan tekanan darah kembali, yang pada akhirnya membuat kondisi semakin drop.

Pada situasi ini kami teringat akan kondisi keluarga kami lainnya yang pernah mengalami penyakit serupa, dan memang perpaduan jus sayuran ini belum kami lakukan. Sayuran tersebut yaitu mentimun atau yang kerap kita sebut timun dan juga seledri.

Gambar from google 


Gambar from google 

Adapun komposisi untuk minuman / jus yang kami buat yaitu :
• 1 buah timun 
• 5 batang daun seledri 

Minuman / jus sayuran ini dikonsumsi 2 kali sehari yaitu, setiap pagi dan malam hari. Cukup konsumsi selama tiga hari, lalu cobalah untuk melakukan pengecekan tekanan darah Anda. Jika memang sudah stabil, hentikan meminum jus timun dan seledri ini.

Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan orang-orang terkasih disekitar Anda. 

Salam sehat selalu 
Sahabatmu 
Nia Hasnia


Posting Komentar

  1. Alhamdulillah makasih ya infonya

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat, (baru tahu kalau jus timun bisa untuk hipertensi)

    BalasHapus
  3. Wah artikel yang sangat berguna, mengingat dahulu bapak mertua pernah menderita hipertensi. Beberapa kali saya membelikan timun untuk beliau. Awalnya ragu, secara saya terlalu awam untuk dunia medis, namun kondisi beliau berangsur membaik dengan konsumsi timun ini. Jadi tambah yakin deh, setelah baca artikel ini. terimakasih mba Nia 😊😊

    BalasHapus
  4. Masya Allah kebetulan sekali orang tua teman terdekat memiliki hipertensi. Ilmunya bisa bermanfaat. Terima kasih mbak.

    BalasHapus
  5. Bagus sekali gaya bahasanya. Bagusnya artikel rata kanan-kiri bair rapih

    BalasHapus
  6. Lebih baik mencegah dr pada mengobati..
    Terimakasih informasinya mba :)

    BalasHapus
  7. MasyaAllah.. Timun yang kaya manfaat

    BalasHapus
  8. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

 
Top