6
Manfaat Buah Kelapa Dalam Keseharian Kita
Gambar pixabay



Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini, saat masih muda daging buahnya terasa begitu lembut dan manis. Airnya kerap dikonsumsi untuk menghilangkan dahaga. Saat buah ini tua, maka dagingnya akan mengeras dan kerap kali diolah menjadi parutan kelapa dan santan. Yang kerap digunakan sebagai pelengkap olahan masakan maupun juga minuman. 
Yup, buah tersebut tentu saja buah kelapa. Buah yang terlihat sederhana ini nyatanya memiliki khasiat yang luar biasa.
Cita rasanya yang unik dan mampu menghilangkan dahaga, rupanya menjadi daya tarik tersendiri hingga sulit untuk ditolak.  

Berbicara mengenai buah kelapa, sudah pasti kita tak bisa mengacuhkahkan soal manfaat dan kandungan vitamin dari air kelapa.  Maka, yuk kita intip sejenak kandungan vitamin apa saja yang terdapat didalamnya. 

Mengenal 5 Manfaat Vitamin Pada Air Kelapa

1. Vitamin C
Adalah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan kolagen. Kolagen ini berfungsi untuk menjaga kesehatan serta perbaikan pada tulang rawan, gigi, dan kulit.

2. Asam nikotinat
Sering kali juga di sebut niasin /vitamin B3 dimana
memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

3. Asam pantotenat
Adalah zat yang lebih kita kenal dengan sebutan vitamin B5, yang berperan penting dalam sistem metabolisme tubuh.

4. Biotin
Adalah  zat yang dikenal dengan vitamin H / vitamin B7 dan merupakan komponen enzim yang berfungsi mengubah makanan menjadi energi dengan memecah lemak, karbohidrat, dan zat lain dalam tubuh.

5. Riboflavin
Yang satu ini biasa kita sebut dengan vitamin B2. Suatu vitamin yang sangat penting bagi perkembangan jaringan tubuh, produksi sel darah merah, dan membantu pelepasan energi yang bersumber dari protein.


Nah kan, dari sederet vitaminnya saja kita dapat mengetahui bahwa air kelapa sangat berkhasiat untuk asupan kebutuhan tubuh kita. 
Hal menarik lainnya, air kelapa dikatakan memiliki zat yang serupa dengan ion tubuh kita. Hal tersebut menjadi salah satu alasan air kelapa direkomendasikan untuk kita konsumsi saat tubuh merasa kelelahan. Oleh karenanya air kelapa dikatakan sebagai minuman isotonic yang alami. 
Bahkan, dalam kehidupan masyarakat kita, tidak sedikit orang menggunakan air kelapa untuk ilmu pengobatan, terutama saat ada orang yang mengalami keracunan obat atau zat tertentu. 
Jadi tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi air buah kelapa ini untuk sehari-hari kan sobat? 

Yuk, kita susun beberapa manfaat air kelapa yang banyak diamini oleh masyarakat kita. 

• Menurunkan berar badan 
• Sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang 
• Sebagai penetralisir racun dalam tubuh 
• Menurunkan kadar kolesterol 
• Meredakan sakit perut 
• Membantu ibu hamil dan janin dari bakteri dan virus 
• Melembabkan dan mencerahkan kulit

Nah sudah semakin jatuh cinta dengan buah kelapa? 
Kita lanjut dulu deh .... 

Baca juga tulisan lainnya di:

Bukan hanya bisa kita komsumsi langsung. Air kelapa pun dapat diolah menjadi pelengkap atau campuran pada sebuah masakan.  
Adakalanya air kelapa dipakai sebagai air rebusan pada sebuah masakan. Terlebih pada masakan yang memiliki aroma tertentu atau anyir. 
Atau,  sebagai campuran pada adonan kue tertentu. 
Bukan hanya menjadi bahan pelengkap sebuah masakan. Nyatanya air kelapa pun dapat dimanfaatkan sebelum sebuah masakan diolah. 

Caranya?

Tentu saja sebelum kita memasak lauk seperti ikan, ayam, atau daging sapi atau apapun yang memiliki aroma yang tajam bisa kita netralisir dengan cara mencucinya ditahap akhir atau bahkan direndam sejenak sebelum diolah. 




Jadi ... tertarik untuk mencoba? 

Tunggu apalagi, yuk sediakan air kelapa di rumah untuk keseharian kita. Dan ... nikmati hidup sehat dengan cara mudah.

Salam sehat selalu untuk keluarga tersayang kita.

Sahabatmu 
Nia Hasnia  



Posting Komentar

  1. Benar sekali, air kelapa banyak manfaatnya. Selain itu sangat menyegarkan.

    BalasHapus
  2. Wah, sangat menarik pembahasannya terima kasih mba infonya :)

    BalasHapus
  3. Nice artikel, banyak sekali kegunaanya ya. Jadi makin mantap untuk konsumsi harian, mengingat fungsinya dapat menggantikan ion tubuh yang hilang 😊😊😊

    BalasHapus
  4. Jadi pengen minum air kelapa nih

    BalasHapus

 
Top